Polemik Revolusi Industri (Eps. 2) -end



Salah satu jenis kereta uap (Sumber: google.com)

Artikel sebelumnya telah menjelaskan tentang polemik mengapa revolusi industri terjadi di Negara Inggris. Selain itu, Revolusi Industri telah mendorong terjadinya urbanisasi besar-besaran selama bertahun-tahun. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor kesenjangan sosial yang tinggi antara masyarakat perkotaan dan pedesaan saat ini.

Revolusi Industri menjadi salah satu titik balik pula dalam perkembangan teknologi. Peristiwa tersebut seakan menjadi katalis yang mempercepat laju perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga berdampak pada penelitian dan pengembangan alat-alat baru yang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Apabila ditelaah lebih jauh, dampak revolusi industri mampu digeneralisasi menjadi dua bagian, yaitu : positif dan negatif.

Albert Einsten, Penemu Teori Relativit
Beberapa dampak positif yang bisa kita rasakan seperti kemudahan memenuhi kebutuhan pokok makanan hingga pakaian. Kemajuan ilmu pengetahuan juga bagian dari dampak positif sebuah revolusi industri, seperti dikemukakannya Teori Relativitas oleh Einstein dan Teori Evolusi oleh Darwin bahkan industri farmasi lahir saat revolusi industri terjadi.

Berbagai sektor juga mulai berkembang seperti inovasi dalam dunia industri, konstruksi, transportasi, tekstil, dunia komunikasi. perbankan, dll. Kemajuan sektor-sektor kunci tersebut memberikan dampak peningkatan kualitas hidup pada manusia hingga saat ini dan terus berkembang sampai waktu yang belum ditentukan. Selain itu, perkembangan pesat di berbagai sektor semenjak Revolusi Industri terjadi juga semakin memudahkan kehidupan dan pekerjaan manusia.

Charles Darwin, Penemu Teori Evolusi (Sumber : google.com)

Namun kesadaran manusia akan dampak negatif revolusi industri terjadi 100 tahun lebih setelah revolusi industri itu sendiri terjadi. Tanda-tanda dampak negatif mulai terlihat ketika banyak wabah penyakit yang terjadi akibat polusi udara, air dan inhigienitas atau sanitasi yang disebabkan oleh aktivitas industri dan peningkatan populasi pada saat itu.

Munculnya wabah penyakit TBC dan Kolera yang diakibatkan oleh udara dan air yang tercemar oleh aktivitas industri. Kejadian itu menjadi fenomena yang meluas dan tidak terkontrol. Vaksin cacar (Smallpox) yang ditemukan oleh Edward Jenner terjadi pada tahun 1796 dimana tahun tersebut adalah rentang waktu terjadinya Revolusi Industri. Dampak negatif revolusi industri bukanlah sesuatu yang instan, melainkan akibat dari akumulasi pencemaran lingkungan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Hasil gambar untuk smallpox edward jenner
Ilustrasi Edward Jenner melakukan injeksi cacar pada seorang anak (Sumber : google.com)

Adalah Rachel Carson seorang biolog kelautan AS, melalui tulisannya yang berjudul “Silent Spring”yang mengejutkan dunia akan dampak negatif dari industrialisasi. Buku tersebut menjadi inspirasi masyarakat pada saat itu, namun juga menjadi musuh utama pelaku industri karena dianggap menghasut banyak orang untuk membenci dunia industri. Buku tersebut menjadi perintis terbentuknya organisasi peduli alam dan lingkungan hingga lahirnya regulasi untuk meminimalisir dampak negatif industrialisasi di AS.

Silent Spring adalah sebuah buku protes keras seorang Rachel Carson yang dibungkus dengan gaya puitis, sehingga protes yang disampaikan terkesan halus dan skeptis. Cara penyampaian itulah yang menarik orang dan dalam waktu singkat menjadi best seller pada saat itu. Ketika banyak produsen gerah, mereka menyerang Rachel dengan menuduh bahwa Ia adalah seorang komunis karena tidak menikah, salah satu pembunuhan karakter untuk Rachel.

Rachel Carson dan bukunya yang berjudul Silent Spring (Sumber : google.com)

Fokus Rachel dalam menyusun buku tersebut adalah mengkritik penggunaan produk kimia dalam bidang agrikultural. Pada saat itu Pemerintah AS, melalui Kementerian Agrikultural mengalami keteledoran mengenai penggunaan zat insektisida dan pestisida. Beberapa kasus kematian mendadak ataupun gejala keracunan akibat zat kimia tersebut masih belum dianggap fenomena oleh Pemerintah AS, sehingga hal tersebut dianggap wajar dan tidak diteliti lebih lanjut. Namun, tidak begitu di mata seorang biolog Rachel Carson. Ia melakukan penelitian dan pendekatan untuk mendalami dampak negatif zat kimia untuk tanaman selama empat tahun.

Selain itu, salah satu kejadian terkenal akibat pengaruh polusi udara saat revolusi industri yang terjadi di Inggris adalah mengenai evolusi serangga Biston Betularia. Biston Betularia merupakan serangga sejenis ngengat yang hidup di Inggris. Hewan ini sering digunakan sebagai contoh evolusi makhluk hidup oleh para guru biologi di sekolah dasar dan menengah saat mengajar. Apa yang diajarkan oleh guru-guru tersebut hingga saat ini masih menjadi bahan diskusi, apakah benar seekor ngengat yang sebelumnya berwarna putih berevolusi menjadi hitam akibat polusi udara di Inggris saat itu.

Evolusi yang dianggap terjadi pada ngengat Biston Betularia (Sumber : google.com)

Setelah beberapa pemaparan positif dan negatif di awal proses Revolusi industri episode 1 dan 2 ini, mari kita sikapi dengan bijak. Menentukan sikap untuk secara langsung menolak terhadap industrialisasi tidaklah tepat, karena alam sendiri harus diolah untuk kesejahteraan manusia di dunia. Namun janganlah pula mendukung industrialisasi secara membabi buta. Alam yang tidak dijaga keseimbangannya juga akan memberikan dampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia.

Asap hasil industri yang menyebabkan polusi (Sumber : google.com)

Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk alam adalah menjaga keseimbangannya. Tuhan tidak melarang kita untuk menebang pohon dan membuka lahan, tetapi Tuhan juga melarang kita untuk berlebihan. Artinya, ketika kita menebang satu pohon maka tanamlah satu pohon untuk menjaga alam tetap seimbang. Sebagai manusia, dengan kemajuan akal dan logikanya sekarang, kita bisa memanfaatkan banyak teknologi hasil inovasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada untuk meminimalisir zat polutan yang setiap hari kita hasilkan. Kami tunggu komentar-komentar kamu yang membangun untuk artikel yang lebih baik lagi dan jangan lupa follow akun media sosial kami ya !
We will be in touch soon, guys !

Comments